Home Berita Dijadikan “Bestmart”, Proyek Pasar Koperasi Alas Barat Rampung

Dijadikan “Bestmart”, Proyek Pasar Koperasi Alas Barat Rampung

229
0

Sumbawa,Bisnisnusatenggara.com-Proyek pembangunan pasar koperasi di Desa Mapin Kebak Kecamatan Alas Barat Sumbawa melalui dana tugas pembantuan (TP) dari Kementerian Koperasi RI tahun anggaran 2018 sebesar Rp 643.129.000 telah rampung 4 Desember 2018 lalu.

Kadis Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UKM Kabupaten Sumbawa Drs H Arif M.Si  kepada media ini kemarin, menyebutkan, pasar koperasi Alas Barat tersebut baru dapat dioperasionalkan untuk membangkitkan gairah ekonomi masyarakat di Alas Barat itu pada Februari mendatang. Sebab, selain masih dalam masa pemeliharaan, juga Diskoperindag Sumbawa masih harus menunggu penyerahan resmi bangunan pasar koperasi tersebut dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia kepada Pemda Sumbawa.

Pasar koperasi itu nantinya, terang Haji Arif, sapaan akrabnya, akan dikelola oleh kelompok koperasi setempat, dengan sejumlah fasilitas penunjang 12 buah kios, los jualan, 2 toilet dan landasar kontainer sampah.

“Pembangunan pasar koperasi di Desa Mapin Kebak tersebut diibaratkan membangun dan memperkuat gerbang barat Sumbawa, dan mengapa hal ini dilakukan adalah “Bestmart”. Jadi untuk memanfaatkan potensi di bagian barat Sumbawa, seperti diketahui pasar Alas sekarang sudah over capacity bahkan menimbulkan  kemacetan. Kalau Alas Barat ada pasar maka pedagang tidak usah datang ke pasar Alas.

Hal itu, sambung Haji Arif, memberikan makna pemerataan dan bila perlu semua Kecamatan memiliki pasar sendiri. Sehingga konektivity amat menentukan speed keterjangkauan, kemudian percepatan pemenuhan hajat.

“Bayangkan saja jika kita melewati jalan negara depan pasar Alas Barat pada jam tertentu terjadi kepadatan dan hal ini berdampak terhadap mandegnya kelancaran arus lalulintas yang tidak boleh dibiarkan terus terjadi. Jadi apa yang ingin kita bangun bukan masalah pasar saja tetapi juga adalah sarana angkut dan aksesibilitasnya. Artinya, semua pihak harus mendukung ini, rencana pembangunan jalan lingkar utara Alas – Alas Barat merupakan ide yang bagus untuk kelancaran transportasi di barat Sumbawa itu kedepannya,” pungkasnya.(bn02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here