Home Berita Mantan Dewan Wajib Kembalikan Aset Negara

Mantan Dewan Wajib Kembalikan Aset Negara

73
0

Sumbawa Barat,Bisnisnusatenggara.com-Sekretariat DPRD Kabupaten Sumbawa Barat tengah menghimpun aset daerah yang digunakan oleh anggota maupun unsur Pimpinan DPRD periode 2014-2019.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Sumbawa Barat, Agus Hadnan, S.Pd mengatakan, inventarisasi aset daerah baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak itu sementara ini sifatnya baru sebatas pendataan saja. Karena, para pengguna barang masih bisa menggunakan aset itu selama satu bulan terhitung ?sejak masa bakti berakhir.

”Pendataan aset ini ditujukan kepada seluruh pengguna barang. Belum ditarik karena sesuai aturannya masih dapat digunakan paling lama satu bulan terhitung sejak masa bakti berakhir,” ungkap Agus Hadnan.

Meski begitu, Agus mengakui saat ini sudah ada satu unit mobil aset yang dikembalikan ke sekretariat. Sementara aset lainnya sudah diminta untuk dikembalikan secara lisan.

“Tapi untuk resminya, pekan depan  kita akan bersurat kepada mantan anggota dewan yang belum mengembalikan fasilitas negara tersebut,” imbuhnya.

Pengembalian fasilitas negara ini tambah Agus, diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor, 18 tahun 2017 tentang hak keuagan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD. Pasal 13 ayat 5 PP itu menyebutkan, dalam hal pimpinan DPRD berhenti atau berakhir masa bakti, rumah dan perlengkapannya serta kendaraan dinas jabatan wajib dikembalikan dalam keadaan baik kepada pemerintah daerah paling lambat satu bulan sejak tanggal berakhirnya masa bakti.

“Jadi, sesuai perintah PP itu, semua fasilitas negara yang melekat pada mantan anggota dewan wajib dikembalikan dalam kondisi baik. Tidak boleh ada satupun kekurangannya. Kita juga nanti akan mengecek inventaris itu sebelum dikembalikan,” demikian Agus Hadnan.(bn01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here