Home Berita Waspada, Sejumlah Penyakit di Musim Kemarau

Waspada, Sejumlah Penyakit di Musim Kemarau

93
0
Jpeg

Sumbawa,Bisnisnusatenggara.com-Kekeringan yang melanda sejumlah daerah, termasuk NTB dan Kabupaten Sumbawa, selain berdampak kelangkaan air juga sejumlah penyakit.

“Masyarakat harus  waspada gangguan penyakit di musim kemarau, sehingga langkah antisipasi perlu dilakukan,” tukas Direktur Rumah Sakit H Lalu Manambai Abdulkadir (RSMA) Sumbawa dr Arindra Kurniawan, kepada awak media, Rabu.

Dijelaskan, perubahan musim hujan menuju musim kemarau tentu sangat berpengaruh terhadap kehidupan mahluk hidup, terutama saat ini hawa dingin menusuk mulai dirasakan dampak dari perubahan cuaca.  Akibatnya, system kekebalan tubuh menjadi terganggu dan memungkinkan munculnya sejumlah penyakit yang haris diwaspadai.

“Hasil evaluasi sepekan terakhir ini ternyata masyarakat mulai terserang penyakit  seperti gangguan pencernaan dan pernapasan (Ispa), baik itu demam, flu, pilek, batuk  dan radang tenggorokan,” terangnya.

Munculnya penyakit ini, terang dokter Arindra, lebih disebabkan karena adanya perubahan musim, sehingga masyarakat harus terus waspada dengan mengambil langkah preventif menjaga kondisi tubuh tetap stabil, makan makanan yang teratur dan bersih.

“Yang tak kalah pentingnya adalah selalu menggunakan masker, agar penyakit akibat polusi udara dapat diantisipasi sedini mungkin,” ujarnya.

Operasi Katarak

Direktur RSMA Sumbawa ini juga menyatakan, RSMA dalam waktu dekat ini  mulai 15 – 17 Juli mendatang akan melaksanakan kegiatan bhakti sosial pelayanan dan pemeriksaan operasi katarak gratis dengan target 100 pasien.

“Kegiatan kegiatan sosial ini berkat kerjasama Timkes Unair Surabaya, Dikes Sumbawa bersama RSMA. Kegiatan kegiatan bhakti sosial timkes Unair kedaerah ini diharapkan  dapat membantu masyarakat,” tukasnya.(bn02)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here